Minggu, 16 Juli 2017

Jenis dan Fungsi Lensa Kamera Yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis Lensa Kamera - Mungkin saja rasa-rasanya ini tulisan yang agak basi, tak tahu karna telah sangat banyak tulisan sama yang dapat kamu search di internet. Namun tidak mengapalah, aku ingin membahasnya juga paling tidak lengkapi koleksi artikel tutorial di situs ini hehehe. Oke, kesempatan ini kita juga akan mengulas tentang lensa, apakah itu lensa, beberapa jenis dan peranan semasing lensa.

Jadi buat persiapan diri kamu untuk membaca artikel ini, haha tidak bakalan panjang kok soalnya saat sekali lagi menulis ini keadaan perut sekali lagi lapar jadi mm… Oke cukup basa basinya. Lensa yaitu satu diantara dua komponen paling utama yang membuat satu camera, khusunya camera DSLR. Yang awal yaitu body camera serta ke-2 yaitu lensa camera tersebut.

Keduanya tidak dapat kamu pisahkan, karna bila dipisahkan tidak dapat berperan seperti harusnya (yah terkecuali kamu ngeyel ingin pakai camera tanpa ada lensa hehe). Tahukah Anda? “Jika kita membalik lensa dengan ujungnya menghadap ke camera dan mountnya menghadap keluar, kita dapat memperoleh lensa makro murah dan meriah. Tehnik ini seringkali di kenal dengan reverse lens. ”

Kita juga akan lihat terlebih dulu beberapa jenis lensa biasanya. Lensa yang umumnya digunakan dalam photografi dengan garis besarnya terdiri dua yakni lensa zoom serta lensa fix. Dari ke-2 type lensa ini lalu dibagi kembali jadi sebagian type yang dapat kamu pakai berdasar pada tehnik dan sistem pengambilan photo sesuai sama apa yang kamu kuasai. Mari kita saksikan kekhasan ke-2 type lensa ini.

1. Lensa Zoom
Lensa zoom yaitu lensa yang panjang fokal lensanya dapat dirubah-ubah. satu diantara lensa zoom yang paling populer mungkin saja telah kamu punyai yakni lensa kit. Biasanya panjang fokal lensa kit diawali dari 18mm serta selesai di 55mm. Lensa kit demikian populer karna harga nya murah tetapi mutunya masih tetap dapat dihandalkan. Bila ingin memphoto dengan fokal lensa lebar tinggal geser ke rentang fokal lebar seperti 18mm, bila ingin memphoto dengan jarak fokal tele silahkan putar sekali lagi ke tempat 55mm. Sekian biasanya keunggulan lensa zoom dari lensa fix.

2. Lensa Fix
Lensa fix atau lensa tetaplah (fix = tidak beralih) adalah kebalikan dari lensa zoom, jarak fokal lensa ini tidak dapat dirubah-ubah. Kamu cuma dapat pasrah dengan fokal lensa yang tercantum di bodi lensa itu, misalnya bila kamu mempunyai lensa fix 50mm kamu takkan mungkin saja dapat memphoto landscape serta memperoleh pojok pandang sama dengan lensa 18mm, bahkan juga meskipun kamu mundur sampai jarak yang jauh tetaplah akhirnya juga akan berlainan.

Keuntungan paling utama dari lensa fix yaitu mutunya dengan rata-rata tambah baik dari pada lensa zoom di rentang harga yang sama yah. Kenapa demikian? Untuk membuat lensa zoom jadi diperlukan susunan lensa yang lebih kompleks hingga jumlah elemen dalam lensa juga semakin banyak, dengan teoritis makin banyak elemen yang dilewati sinar jadi kwalitas gambar juga juga akan alami penurunan (diibaratkan kwalitas optik elemen lensanya sama).

Diluar itu masih tetap terdapat banyak keuntungan dari lensa fix seperti harga yang murah, enteng dan mempunyai bukaan maximum yang besar (biasanya di f/1. 8 – 1. 2). Kekurangan intinya ya itu, tidak dapat zoom hehehe. Kamu mesti maju mundur manual dengan kaki sendiri untuk mengkomposisikan gambar, yah beberapa kalkulasi olahragalah.

Dari dua type lensa barusan masih tetap ada pembagian dengan juga lihat jarak fokal lensa itu, mari kita saksikan pembagiannya seperti apa. Oh ya untuk catatan, panjang fokal yang dijelaskan di sini yaitu panjang fokal yang berlaku untuk camera format full frame ya, pasti panjang fokalnya juga akan berlainan dengan APSC.

1. Lensa super lebar (ultra wide).
Adalah kelompok yang mengelompokkan lensa dengan focal length yang begitu lebar diawali dari 11mm- 14mm, dampak dari lensa super lebar yaitu kamu dapat menangkap photo dengan luas cakupan photo begitu lebar dapat menjangkau 126 derajat. Misalnya di panjang fokal terlebar 11 mm, oh ya lensa lebar yang baik juga takkan menyebabkan distorsi terlalu berlebih seperti saat kamu memakai lensa fisheye.

2. Lensa Lebar (wide).
Lensa lebar yaitu lensa yang mempunyai panjang fokal lensa dari mulai 14mm hingga 24mm. Untuk pembagian ini sesungguhnya cukup rancu karna ada pula yang mengatakan rentang fokal 24mm hingga 35mm masih tetap termasuk juga rentang lensa lebar, namun kita permudah saja dengan ikuti rentang lensa yang popular di market. Biasanya rentang lensa popular yang di jual ada tiga yakni dari 14-24 mm (Misalnya Nikkor 14-24mm dll), 24-70 mm (lensa kelas pekerja), serta 70-200 (lensa tele) oleh karna kita setuju saja dari 14-24mm adalah lensa lebar (bila tidak sepakat terseraahhhh.. Haha). Manfaat lensa lebar ini biasanya untuk memphoto landscape, sama dengan ultrawide namun rentang lebarnya tidak selebar yang ultra.

3. Lensa Zoom Standar
Jarak fokal lensa yang termasuk juga lensa zoom standard yaitu 24-70mm, rentang lensa ini demikian popular karna meliputi rentang yang masih tetap cukup lebar di 24mm sampai cukup tele di 70mm. Seringkali juga dikatakan sebagai lensa kelas pekerja karna banyak dipakai photografer jadi kuda pekerja mereka dalam pekerjaan tak tahu itu memphoto wedding, portrait jenis, landscape, apa sajakah dapat dengan gampang dicover oleh rentang lensa ini. Bahkan juga untuk lensa ini mempunyai versus APSC yakni di fokal 18-55mm yang setara.

4. Lensa Tele
Lensa tele yaitu grup lensa camera yang mempunyai panjang fokal lensa 70-200mm, Dengan jarak fokal lensa sejauh itu kamu dapat dengan gampang memphoto objek photo yang ada jauh dari kamu. umumnya dipakai untuk memphoto satwa liar yang susah didekati, atau memphoto candid begitu gampang dengan rentang lensa tele ini. Sayangnya untuk daftar harga lensa kamera terbaru jenis tele ini cukup mahal. Bahkan beberapa merk mematok dengan harga yang sangat fantastis.

5. Lensa Super Tele
Grup lensa super tele yaitu lensa-lensa yang mempunyai jarak konsentrasi telah lebih dari 200mm, lensa begini umumnya spesialis memphoto satwa atau laga berolahraga seperti sepakbola, bahkan juga ekstrimnya ada yang digunakan untuk mata-mata hoho. Kamu yang menginginkan memata-matai pacar mungkin saja dapat untuk coba menggunakan lensa seperti ini.

Terkecuali kelompok lensa yang diatas, masih tetap ada pula pembagian lensa yang spesial. Disebut spesial karna terkecuali terdiri atas panjang fokal spesifik lensa ini mempunyai peranan khusus yang tidak dapat digantikan dengan lensa yang beda. Mari kita saksikan :

1. Lensa Makro
Lensa type ini kelihatannya telah banyak kajian di internet atau di beberapa komunitas photografer. Jadi seperti yang sudah umum di ketahui lensa ini mempunyai peranan untuk ambil photo dengan perbesaran sampai 1x atau gambar objek yang dipotret mempunyai ukuran yang sama juga dengan aslinya. Photo makro ini begitu pas bila kamu memphoto hewan kecil seperti serangga maupun binatang memiliki ukuran mungil yang lain. Diluar itu bila kamu hoby memphoto makanan juga dapat digunakan kekuatan lensa makro ini untuk ambil detil yang ada.

2. Lensa Fisheye
Lensa ini mempunyai kekuatan unik yakni hasilkan distorsi yang mengagumkan (baca disini mengenai kelebihan lensa fisheye). Biasanya lensa ini didesain dengan fokal lensa begitu lebar serta di desain demikian rupa hingga hasilkan distorsi yang unik.

Lalu terdapat banyak type lensa camera yang dibagi berdasar pada besarnya aperture atau bukaan diafragma yang dipunyai satu lensa, jadi kita dapat membagi lensa dalam dua sisi besar. Di bawah ini yaitu penuturannya :

1. Lensa Cepat (Fast Lens)
Lensa yang termasuk juga cepat yaitu lensa yang mempunyai bukaan begitu besar dari mulai f/1. 2 -f/2. 8, terlebih terdapat banyak lensa khusus yang menjangkau bukaan f/0. 75, kenapa dimaksud lensa cepat?. Karna dengan kekuatan aperture yang begitu besar ini, jadi lensa dapat terima sinar jauh semakin banyak begitu kamu dapat memakai shutter speed yang tambah lebih cepat begitu tidak butuh mengorbankan ISO untuk memperoleh shutter speed yang cepat barusan.

2. Lensa Lambat (Slow Lens)
Lensa digolongkan lambat bila bukaan yang dipunyainya tidak sangat besar hingga shutter speed yang dapat dipakai juga ikuti bukaan diafragma barusan. Misalnya lensa kit termasuk juga lensa lambat karna bukaan maximumnya cuma di f/3. 5-5. 6. Kamu terkadang butuh menambah ISO untuk dapat memperoleh photo dengan shutter speed yang cukup cepat, tetapi hal semacam ini pastinya tidak jadi problem bila kamu memphoto memanglah memakai speed lambat serta memakai tripod.


Sekian kajian panjang lebar tinggi rendah mengenai lensa dalam dunia photografi, bersama dengan peranan masing-masingnya. Memanglah kelompok lensa sesungguhnya tidak dapat dengan subjektif kita tetapkan namun paling tidak telah dapat melukiskan keseluruhnya lensa itu dan peranan paling utama serta faedahnya saat kita memphoto. Selain pemilihan lensa berdasarkan jenis, anda juga harus memperhatikan harga lensa terbaru yang harus anda cocokkan dengan budget yang anda miliki. Bila kamu terasa artikel ini berguna, janganlah lupa untuk berbagi pada rekan-rekan kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar